Tips Merawat Marmer

Marmer adalah batu alam yang pada umumnya permukaannya dibuat mengkilap dan biasanya diaplikasikan pada lantai atau dinding rumah, furniture, dekorasi dan benda seni lainnya. Marmer bisa berwarna netral putih ataupun berwarna. Sifat marmer yang berpori sangat mudah menyerap cairan berwarna yang tumpah dipermukaan marmer dan menjadi noda yang kadang-kadang sulit dibersihkan.


Untuk menghilangkan noda tersebut bisa menggunakan cairan asam ringan, bersihkan bagian yang ternoda dengan lap basah yang telah diberi cairan asam (bisa menggunakan perasan lemon dan dicampur air) lakukan proses ini secara cepat dan segera dikeringkan untuk menghindari efek asam yang justru dapat merusak marmer, perlakuan ini hanya dalam kondisi darurat saja, supaya noda tidak terserap lebih dalam dan perlakuan ini juga akan mengakibatkan permukaan marmer yang mengkilap akan menjadi buram, setelah itu dilain waktu anda bisa menggunakan polishing powder (anda bisa membelinya di toko bahan kimia), caranya, basahi permukaan yang sudah anda bersihkan, taburkan polishing powder sedikit saja, gosok perlahan dengan kain putih halus, kemudian bersihkan dengan kain kering, lakukan tahapan proses ini beberapa kali sampai permukaan marmer yang terkena noda tadi kembali mengkilap. Tetapi jika anda ragu dan khawatir marmer kesayangan anda akan menjadi rusak anda bisa mengundang ahlinya.

Hindari meletakan gelas minuman dingin langsung pada permukaan marmer, gunakan tatakan gelas sehingga permukaan marmer yang kontak langsung dengan permukaan marmer tidak menjadi lembab.

Untuk perawatan rutin lantai marmer, minimal setahun sekali bergantung sifat marmer itu sendiri, apabila permukaan sudah terlihat kusam dan terdapat banyak goresan atau noda, jangan khawatir anda bisa menggunakan jasa khusus perawatan marmer, yaitu dengan cara memoles ulang untuk mengembalikan kekilapan dan warna marmer seperti kondisi aslinya.

Memilih untuk menggunakan marmer pada properti anda tentu memerlukan perawatan yang unik dan biaya relatif mahal, tetapi juga sebanding dengan keindahan dan kemewahan yang didapatkan.

Anda bisa mengunjungi Cara Memasang Marmer dan Granit untuk melihat berbagai koleksi marmer dan granite dari dari berbagai penjuru dunia,